Rabu, 01 Agustus 2018

TAHAPAN DAN CONTOH PEMBUATAN/PENGOLAHAN

PENGOLAHAN KACANG-KACANGAN
  • Kacang tanah



Kacang tanah yang belum diolah atau masih mentah merupakan salah satu bahan makanan yang terbilang awet tanpa perlu cara-cara khusus untuk menyimpannya. Anda bisa saja meletakkannya di tempat terbuka, di dalam wadah kedap udara, atau pun di dalam lemari es. Karena teksturnya yang cukup keras dan merupakan jenis biji-bijian maka Anda tak perlu khawatir kalau kacang tanah akan mudah busuk dan berbau. Hanya saja, untuk lebih praktis menggunakannya Anda bisa mencoba tips di bawah ini untuk menyimpan kacang tanah yang sudah setengah diolah.
  • Jika Anda ingin kacang goreng Anda semakin awet, setelah digoreng masukkan kacang ke dalam wadah kedap udara atau lemari es, jangan lupa memberinya bawang merah yang telah diiris tipis ketika menggorengnya sebagai bahan pengawet alami.
Kacang goreng :
  • Untuk membuat saos kacang, campur kacang tanah, bawang putih, cabai dan garam, tumbuk hingga halus dan beri air matang;
  • Untuk membuat minyak kacang tanah, sangrai kacang tanah sampai keluar minyaknya;
  • Untuk membuat selai kacang, blender kacang tanah, gula dan minyak sayur hingga lengket.

  

  • Kacang hijau 

Kacang hijau tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dan dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau.

Kacang hijau bisa dibuat bermacam-macam makanan olahan seperti kue, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, puding dan masih banyak lainnya.

Bubur kacang hijau :

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kacang hijau sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya, dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sangat membantu untuk proses penyembuhan luka.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Rainbow Pinwheel Pointer

Popular Posts