Selasa, 15 Januari 2019

Kerajinan dari Sabun yang Paling Keren dan Mengagumkan + Cara Membuatnya


Sabun adalah sebuah benda yang digunakan untuk membersihkan badan dan untuk mencuci pakaian, perabotan rumah tangga dan lain-lain.
Sabun ini terbuat dari reaksi bahan kimia, yaitu antara natrium dan kalium dengan asam lemak dari minyak nabati dan hewani.
Dan sabun ini pun pada umumnya dikenal dengan 3 wujud, yaitu wujud padat, cair dan deterjen.
Pada mulanya sabun keluaran pertama di dunia ialah sabun batangan. Dan seiring dengan perkembangan zaman, sabun ini pun dibuat dengan berbagai macam bentuk. Contoh dari bentuk sabun tersebut ialah seperti sabun colek, deterjen dan sabun sintetis.
Dan sekarang sabun ini pun sudah banyak sekali memiliki berbagai macam varian, dari warna, harum dan bentuknya.



kerajinan dari sabun
www.kerajinan.id

Berdasarkan kegunaannya, sabun sendiri di bedakan menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut:
  • Sabun cuci
Sabun cuci adalah sabun yang digunakan untuk mencuci badan, pakaian, perabotan dan lain-lain. Bentuk dari sabun cuci ini ialah berbentuk padat, cair dan deterjen (bubuk).
  • Sabun Mandi
Sabun mandi adalah sabu yang digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran pada saat kita mandi. Bentuk dari sabun ini ialah berbentuk cair dan padat.
  • Sabun cukur
Sabun cukur adalah sabun yang digunakan pada saat sedang mencukur. Hal tersebut agar pencukuran menjadi lancar dan halus. Bentuk dari sabun ini ialah berbentuk krim yang memiliki busa yang banyak.

Keuntungan dari kerajinan sabun




kerajinan dari sabun
zaenalabidin08.com

Sama halnya dengan kreasi barang bekas dan kreasi dari kain flanel di artikel sebelumnya, kerajinan sabun ini juga  memiliki banyak sekali keuntungan khususnya buat anda pribadi. Hal ini karena kerajinan ini tidak memerlukan banyak proses untuk membuatnya. Sebab dalam membuat kerajinan dari sabun ini, kita hanya perlu ide dan gagasan yang luas.
Maka dari itu, kita harus membuat kerajinan ini dengan memanfaatkan kekreatifitasan yang ada pada diri kita. Hal ini dilakukan, agar dalam membuat kerajinaan ini kita dapat mengukir sabun tersebut dengan bentuk yang kita inginkan.
Sehingga hasil dari ukiran tersebut, dapat kita manfaatkan dengan maksimal. Dan semua itu tergantung pada diri anda pribadi, karena keuntungan dari kerajinan sabun ini sangat banyak dan bernilai positif.
Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari kerajinan sabun ini, yaitu sebagai berikut:

a.Harganya Murah




kerajinan dari sabun
pixabay.com

Keuntungan yang pertama dari sabun ini ialah memiliki harga yang murah. Sebab sabun ini dapat kita beli dengan harga yang terjangkau, yaitu seharga 2 – 5 ribu rupiah.
Dan anda pun memiliki peluang yang sangat besar. Karena jika sabun tersebut sudah dijadikan kerajinan, maka kerajinan tersebut pun bisa anda jual dengan harga yang mahal.
Jadi, anda harus memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya.

b.Mudah Didapat




kerajinan dari sabun
pixabay.com

Sabun ini sangat mudah sekali untuk didapatkan. Karena sabun ini sangat banyak sekali di warung-warung di dekat rumah anda. Sebab sabun adalah alat pembersih yang sering kita gunakan sehari-hari.
Dan anda pun bisa mendapatkan sabun jenis batang di warung-warung tersebut dengan berbagai macam bentuk yang anda inginkan.

c.Mudah Dibentuk




kerajinan dari sabun
ro.bk0.com

Sabun adalah salah satu bahan yang dapat dibentuk dengan sangat mudah, seperti halnya pada saat kita membuat kreasi dari kertas origami yang dijelaskan di artikel sebelumnya. Hal ini karena sabun batangan ini bersifat padat dan lunak.
Jadi, anda pun dapat berkreasi dengan membuat kerajinan dari sabun ini dengan berbagai bentuk yang diinginkan.

d.Dapat di Pasarkan




kerajinan dari sabun
warganet.com

Keuntungan yang terakhir dari kerajinan sabun ini ialah dapat dijual atau di pasarkan. Hal tersebut karena kerajinan dari sabun ini bisa memiliki harga yang fantastis. Sebab kerajinan dari sabun ini bisa menjadi ukiran yang sangat indah dan keren apabila anda membuatnya dengan kekreatifan yang tinggi.
Maka dari itu kita harus memanfaatkan kerajinan ini dengan cara membuat kerajinan sabun ini semenarik mungkin. Agar ketika kerajinan itu pun jadi. Kita bisa menjualnya dengan harga berkali-kali lipat dari harga awalnya.

Manfaat dari Kerajinan Sabun




kerajinan dari sabun
www.gulalives.co

Kerajinan dari sabun ini memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat untuk kita. Dan manfaat itu pun dapat berdampak besar bagi kita.
Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat dari kerajinan sabun tersebut. Antara lain sebagai berikut:

a.Hiasan Rumah




kerajinan dari sabun
isellwhatilove.com

Kerajinan dari sabun ini bisa anda manfaatkan untuk menambah hiasan rumah anda.


Dan apabila anda sedang bosan dan tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka anda pun bisa mencoba membuat kerajinan dari sabun ini. Hal ini dilakukan karena untuk mengisi waktu luang dan mengasah kekreatifitasan yang anda miliki.
Sehingga kerajinan sabun ini pun dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan pada diri anda.
Jadi, jika anda tidak ada aktivitas dan selalu bosan di rumah, maka anda pun bisa mencoba kerajinan dari sabun ini.

b.Sumber Penghasilan




kerajinan dari sabun
www.dictio.id

Kerajinan dari sabun ini bisa anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan bagi kita. Hal ini bisa terjadi apabila kita pandai untuk mengolah kerajinan tersebut dengan baik.
Peluang dari kerajinan ini adalah peluang yang sangat bagus sekali untuk dijadikan sumber pendapatan. Sebab nilai awal dan nilai akhir kerajinan sabun ini sangat berbeda.
Contohnya saja anda membeli sabun dengan harga yang murah, yaitu sekitar 3 – 5 ribu rupiah. Dan setelah selesai anda ukir sabun tersebut, maka harga dari sabun ini pun naik bisa naik berkali-kali lipat dari harga semula. Yaitu, sabun anda bisa dihargai dengan harga sekitar 50 – 100 ribu rupiah.
Maka dari itu, kita harus berfikir ke depan untuk mengolah sabun ini menjadi kerajinan yang sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi kita.

c.Pendidikan Anak Sekolah




kerajinan dari sabun
kalsel2.kemenag.go.id

Kerajinan dari sabun ini adalah kerajinan yang bisa anda manfaatkan untuk media pendidikan anak sekolah. Hal ini karena kerajinan sabun ini dapat meningkatkan kekreatifitasan dan imajinasi anak.
Dalam membuat kerajinan dari sabun ini, si anak dapat menuangkan kreatifitas ide dan imajinasi mereka dengan bentuk ukiran 3D yang dibuat di sabun tersebut.
Jadi, jika anda sudah berkeluarga dan memiliki anak atau pun anda sudah menjadi guru, maka anda pun bisa menerapkan kerajinan tersebut kepada anak atau anak didik anda.

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun




kerajinan dari sabun
www.recycrafts.com

Cara membuat kerajinan sabun ini sebenarnya sangat mudah. Karena dalam pembuatan kerajinan ini, anda hanya memerlukan beberapa alat ukir
Dan selain itu kita hanya perlu menuangkan ide dan kreatifitas yang kita miliki dengan mengukirnya di sabun tersebut.
Dan di bawah ini adalah cara membuat kerajinan dari sabun yang bisa anda tiru, yaitu sebagai berikut:

a.Alat dan bahan yang Harus Disediakan




kerajinan dari sabun
www.tokopedia.com

  • Alat tulis.
  • Sabun batangan yang masih utuh.
  • Kertas amplas.
  • Alat ukir.
  • Dan cat opsional (cat air).

b.Langah Pembuatan

kerajinan dari sabun
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat kerajinan dari sabun, ialah dengan menggambar pola dasar sesuai keinginan. Anda bisa menggambar pola tersebut dengan alat tulis seperti pensil.
  • Langkah yang kedua ialah dengan mengukir diluar gambar pola tadi dengan kedalaman yang sama.
  • Ukirlah bagian pola tadi sesuai keinginan.
  • Setelah itu, amplaslah ukiran tersebut sampai hasilnya menjadi bagus.
  • Selanjutnya, warnailah sabun tersebut dengan menggunakan cat opsional.
  • Setelah anda selesai mengecat ukiran tersebut, anda pun bisa mengeringkan cat tersebut dengan cara dijemur.
  • Setelah penjemuran selesai, maka jadilah kerajinan tersebut dengan bentuk yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Rainbow Pinwheel Pointer

Popular Posts